Secret Places untuk Spring Hunting di South Korea

Cherry Blossoms at Seokchon Lake
Spring di Korea Selatan biasanya dimulai di bagian paling selatan (Jeju Island) dan perlahan bergeser ke utara sampai dengan terakhir di kawasan Pyeongchang. Spring dimulai di pertangahan maret dan berakhir di pertengahan Mei.

Setiap tahunnya di musim semi, Korea Selatan berubah menjadi tanah warni-warni dengan berbagai macam bunga mekar bergantian, dari Plum Blossoms, Cherry Blossoms a.k.a sakura, canola si kuning cantik, azalea, tulip dan masih banyak lagi.

Tergantung kapan kamu datangnya selama bulan maret sampai tengah mei, kamu akan bisa menikmati salah satu festival bunga di salah satu kota di Korea Selatan!

Selain itu, suhu udara yang relatif nyaman sekitar 9  - 27 derajat celcius, membuat spring merupakan salah satu musim paling padat turis di Korea. But don't underestimate weather in Korea! karena di malam hari kadang suhu bisa sangat drop mencapai 0 derajat celcius.

Saya memulai hunting spring di pertengahan maret yaitu di daerang Gwangyang dan berakhir di pertengahan Mei di Hangang Guri Park, Seoul. Setelah itu, cuaca sudah mulai panas dan tidak terlalu nyaman untuk jalan-jalan ke taman.

1.  Plum Blossoms festival di Gwangyang  (Pertengahan Maret 2019)

Gwangyang Plum Blossom Festival


Musim semi di bagian selatan Korea dimulai dengan full bloomnya bunga plum. Bunga plum terlihat sangat mirip dengan bunga sakura atau cherry blossom terutama dari warna, tipikal pohon maupun tangkai bunganya.

Pohon plum biasanya gundul selama musim dingin, kemudian ketika suhu mulai menghangat, kuncup-kuncup bunga bermunculan di tangkai dan batang pohon yang berwarna gelap tersebut. Sekilas struktur batang kedua pohon itupun terlihat mirip sehingga banyak orang yang tidak tahu bahwa keduanya bunga yang berbeda namun masih dalam 1 famili.

Salah satu festival bunga plum yang terkenal di Korea akhir-akhir ini adalah Plum Festival at Gwangyang. Meskipun demikian, festival Plum Blossom di Gwangyang ini sangat jauh dari popularitas terutama bagi turis. Mungkin karena letaknya yang cukup jauh dengan kota Seoul maupun Busan, yaitu sekitar 300km atau 3,5 jam perjalanan bus sehingga cukup melelahkan bagi Turis yang singgah di Korea hanya beberapa hari.

Justru karena area yang hanya diketahui oleh orang lokal, membuat festival ini sangat istimewa dinikmati terutama bagi penggemar fotografi.

Gwangyang sendiri adalah sebuah kota kecil berada di lembah pegunungan-pegunungan. Untuk kesana, terdapat bus antar kota namun dangan frekuensi terbatas. Saya pergi bersama rombongan lain melalui tour Trazy dan seluruh transportasi terjamin sampai kembali ke Seoul.

Sama halnya seperti Cherry Blossom, peak dari Plum Blossom biasanya hanya berlangsung seminggu untuk kemudian rontok dan berganti daun.

Plum Blossom festival ini pun sangat recommended dan cantik karena kita bisa melihat berbukit-bukit pohon plum blossoms yang berbunga dengan cantik.


2. Gyeongju Cherry Blossom Festivals (Akhir Maret -Awal April 2019)


Tiba di Seoul namun bunga Sakura belum menunjukkan tanda-tanda full bloom? Pergi ke arah selatan adalah solusinya. Gyeongju Cherry Blossom Festivals biasanya dimulai 1 minggu sebelum Seoul Cherry Blossom Festivals dan tidak kalah cantik jika dibandingkan kota-kota lainnya di Seoul.

Sekitar 276 kilometer ke arah timur laut, Gyeongju adalah salah satu kota tercantik di Korea Selatan.
Gyeongju sempat menjadi ibu kota salah satu dinasti terkuat dalam sejarah Korea, yaitu Silla dinasti. Karena sejarah yang sangat kental, banyak tempat-tempat bersejarah yang dilestarikan bahkan terdaftar dalam UNESCO World Cultural Heritage.

Kebetulan, lokasi-lokasi taman bunga Cherry Blossom banyak terletak di area bersejarah seperti Bulguksa Temple, Cheomseongdae Observatory, Royal Tombs hingga salah satu danau tercantik, Bomun Lake. Jadi perjalanan menuju Gyeongju sangat menarik karena sambil menikmati cantiknya kota dengan warna-warni spring, kita sedikit belajar sejarah.

Cherry Blossom di Bolguksa Temple
Park Area Bolguksa Temple
Tulip di Cheomseongdae Observatory
Canola di Bulguksa Temple
Gyoengju adalah salah satu kota favorit saya di Korea Selatan. Berada di sana, seolah berada dalam time capsule, kita dibawa ke beberapa abad sebelumnya dan merasakan the authencity dari budaya Korea Selatan.

Dari Canola, Cherry Blossom hingga Tulip, kita bisa melihat 3 bunga paling terkenal di musim semi dalam satu waktu dan satu tempat, di Gyeongju.




Bomun Lake

Bomun Lake

Salah satu tempat favorit adalah Bomun Lake yang juga tempat favorit para penduduk lokal. Danau indah yang dikelilingi bunga cherry blossoms, dengan beberapa hotel berada di pinggirannya. I think, this city worth every right to be visited more than 1 night.

3. Guil Station

It's first week of April, biasanya beberapa tempat di Seoul sudah mulai warna-warni oleh bunga Sakura. Hal tersebut juga berarti bahwa Seoul akan penuh dengan manusia baik turis maupun penduduk lokal yang datang ingin merasakan Hanami, piknik di bawah pohon bunga Sakura.

Dari Pinggiran Sungai dekat Guil Station
Karena 2019 adalah tahun kedua saya merasakan Cherry Blossom Festivals di Korea, saya ingin pergi ke suatu tempat yang jauh lebih sepi dari Yeouido Park atau Namsan Park yang pastinya penuh dengan lautan manusia. Setelah melakukan research, saya menemukan taman cantik yang tidak banyak dijamah turis di dekat Guil Station.


Cherry Blossom Canopy di Guil Station
Almost Empty!



Taman ini merupakan jalanan panjang dengan cherry blossom canopy, membentang di pinggiran sungai. Rute yang saya ambil adalah dari Gasan Digital Complex stasiun (line 1) saya turun kemudian berjalan-jalan di sepanjang jalan bbeottkott-ro (jalan cherry blossom) kemudian saya naik bus no.5012 atau 653 menuju ke arah Guil Stasiun dan turun di  Cheolsan Riverville Apartment. Kemudian saya berjalan menikmati indahnya Cherry Blossom tunnel sambil berjalan ke arah utara menuju stasiun.

Jika ingin mendapatkan foto nyaris 'bersih' tanpa bantuan photoshop, maka Guil Station ini adalah salah satu destinasi wajib  untuk terlena dengan cantiknya Cherry Blossom di Korea!

4. Seokchon Lake, Seoul

Well, it is not exactly secluded area, tapi Seokchon Lake juga merupakan destinasi cantik yang bisa kita kunjungi selama musim semi. 

Kunci untuk menuju Seokchon Lake adalah menghindari saat weekend dimana ribuan penduduk lokal akan mengunjungi danau buatan ini untuk menikmati peak season cherry Blossom.


Tempat ini juga salah satu tujuan turis dan terdaftar dalam rangkaian Cherry Blossom Festival di Seoul sehingga banyak hiburan dan stall makanan yang tersedia.


Weekend at Seokchon Lake

Meskipun cantik, namun terlalu banyak manusia di Seokchon Lake membuat destinasi ini tidak lagi nyaman untuk dikunjungi berlama-lama.

Seokchon Lake
5. Jeonju Hanok Village (mid April)

Pencarian bunga King Cherry Blossom adalah salah satu alasan saya mengunjungi Jeonju saat spring. Namun sayangnya, saya datang terlalu awal sehingga belum ada tanda-tanda King Cherry muncul


Mawar di Wansan Park
Salah satu tempat yang dipenuhi King Cherry Blossom adalah Wansan Park. Pada saat peak, taman ini dipenuhi dengan King Cherry Blossom, Azelea dan banyak bunga lainnya.

Namun saya tidak kecewa datang ke Jeonju karena Jeonju merupakan my second favorit city di Korea Selatan. Sama seperti Gyeongju, di Jeonju kita akan memasuki time capsule yang membawa kita ke Hanok Village, desa dengan rumah-rumah tradisional khas Korea.


Jeonju Hanok Village


King Cherry Blossom

Mural Village Jeonju
6. Seoul Grand Park (mid April)

Seoul Grand Park terletak di bagian utara Kota Seoul sehingga peak Cherry Blossom biasanya 1 minggu di belakang peak di Kota Seoul.

Seoul Grand Park merupakan kompleks kebun binatang, danau, amusement park yang super luas dan salah satu tempat favorit saya di Seoul. Any season, spring, autumn maupun summer, Seoul Grand Park merupakan closest city gateaway for soul refreshment.


Jalanan di Sepanjang Seoul Grand Park

Seoul Grand Park

Danau di Seoul Grand Park

Crowded but still fun!
Jadi, jika kamu berada di Kota Seoul pada minggu ketiga April dan ketinggalan peak Cherry Blossom di downtown kota Seoul, mengunjungi Seoul Grand Park adalah salah satu best bet untuk menikmati indahnya Cherry Blossom Canopy.


6. Hangang Guri Park (early May)

It's almost Summer! Suhu di Kota Seoul sudah mencapai 28 derajat dan humidity semakin meningkat. Memasuki bulan Mei 2019, saya harus berpuasa Ramadlan jadi berjalan-jalan menikmati sisa-sisa musim semi cukup menantang.

Rangkaian akhir spring hunting adalah Hangang Guri Park. Salah satu taman di pinggiran sungai Hangang yang terletak di kota Guri, tepat di sebelah kota Seoul.

Taman ini saat bulan Mei akan berubah menjadi lautan warna kuning cantik karena bunga Canola.

Menuju ke sini cukup mudah yaitu dari line no. 5 turun di Gwangnaru Station kemudian naik bus no.1-1 dan berjalan sekitar 1km untuk mencapai taman.

Taman ini sangat cantik bahkan tidak diperlukan photoshop atau snapseed untuk mempertajam warnanya.

Yellow!

So Pretty

May be this is heaven



Yup, that's all!
Mencari destinasi yang lebih 'mudah' dan ramai untuk spring hunting di Seoul? Maka link ini mungkin akan membantu : link

Ever heard about Jinhae? The most beautiful city in South Korea during spring? Maka Link ini akan membantu : Jinhae  or this

How About Busan? this is Busan during Spring 


Well, recently during the Spring is the worst air quility in Seoul due to the fine dust. That's would also effecting your photo quality. Better to prepare the mask and hopefully spring 2020 would be better!

Have a question? Shoot me in the comments!



Comments

Popular Posts