Pengumuman Pemenang Lomba Resensi Novel Fantasy



Yup, finally it comes the day when I finally pick two of my most favorites among the favorites.

Nah, awal mula mengapa aku akhirnya memutuskan mengadakan lomba Resensi adalah karena kebiasaan (baru)ku menulis resensi setiap buku yang telah selesai aku baca.Bukannya kenapa, alasan terbesarnya adalah karena aku memiliki memori yang suka saling tindih dan bersembunyi sehingga seringkali melupakan "rasa" yang telah kukecap dari sebuah karya tulis. Dan to be honest, aku masih seorang beginner dalam hal me-resensi sebuah buku. Kadang ada kalanya saking bersemangat dan teringat banget, aku menceritakan kembali sebuah buku dan melupakan poin dari resensi itu sendiri, yaitu membagikan pengalaman batin dan hatiku saat membagi waktu dan tenaga pada barisan kalimat dalam sebuah buku.

Salah satu yang selalu kuingat adalah review tidak harus menilai apakah sesuatu itu baik atau buruk. Bagiku, tidak ada karya seni yang buruk yang ada hanyalah karya yang tidak sesuai dengan selera kita. Oleh karena itu, dalam menulis resensi saya akan dan berusaha untuk tidak mencaci, mengatakan buruk, badmouthing dan teman-temannya. Dulu, ada kalanya satu buku membuatku merasa sedang wasting time membacanya karena tidak sesuai seleraku namun setelah temanku membaca buku yang sama, ternyata dia mengatakan buku itu sangat bagus (baca: sesuai seleranya), maka disitulah saya akhirnya mengerti bahwa urusan buku juga urusan selera.

Di saat itulah saya tersadar bahwa buku menyentuh hati tiap pembacanya dengan cara yang berbeda. Tidak ada yang exact untuk mengukur kualitas sebuah karya seni dalam bentuk tulisan. Mungkin ada konsensus yang kita sebut rating (yang biasa kita temui di Goodreads) namun hal itu dimaksudkan hanya untuk membantu kita menemukan suara terbanyak, dan bukan berarti buku itu baik/buruk.

That's why we familiar with this:

"Don't judge a book from it's rating,"

Eh ada ga sih? Hahaha....

Anyway, dengan mindset tersebut akhirnya aku memutuskan untuk mengadakan lomba resensi novel pertamaku "Fantasy".

Aku ingin pembaca bukuku berbagi bagaimana Fantasy menyentuh hati mereka.

Menarik dan beruntungnya, dengan mengadakan lomba ini saya mendapatkan begitu banyak feedback dan perspektif baru dari banyak pembaca. Setiap pembaca memiliki titik berat bagian yang "matter" yang berbeda-beda dan thanks to all of you, hal itu memperkaya hasanah pengetahuanku untuk mengerti sudut pandang dari banyak orang.


Nah, berikut adalah link para peserta lomba resensi Fantasy yang aku favoritkan (dalam urutan acak):

http://asysyifaahsbook.blogspot.com/2014/07/review-fantasy-by-novellina-a_5694.html
http://thedayiconfessed.blogspot.com/2014/07/fantasy.html
http://gilbertusgl.blogdetik.com/
http://garis1kata.blogspot.com/2014/07/resensi-fantasy-love-doesnt-conquer-all.html
http://theladybooks.blogspot.com/2014/07/fantasy-novellina-a.html
http://secrastories.wordpress.com/2014/07/04/a-little-things-about-fantasy-novel/
http://orkestraksara.wordpress.com/2014/07/09/book-review-meretas-teka-teki-dalam-sebuah-fantasy/
http://snowglobers.blogspot.com/2014/07/review-novel-fantasy.html?m=1
http://dinararisandy.wordpress.com/2014/06/30/fantasy-novellina-apsari/
http://adelays.com/2014/06/22/review-novel-fantasy/


Well, in fact aku tidak memiliki formula khusus dan standart untuk menentukan pemenang (maunya sih ngasi THR ke semua peserta namun apa daya keterbatasan ekonomi). Aku bisa merasakan ketulusan dan bahkan membayangkan bagaimana reaksi mereka saat membaca Fantasy (in HD view dalam rekaman otakku karena sangat jelas) dan yang jelas mereka lebih jago dalam menulis resensi (dan membuat aku tersipu-sipu -that's the point right? haha) daripada aku.

So, like any other cliche statement before announce the most favorite two, it is really a hard decision to pick two of those. Aku sampai baca berulang kali untuk memastikan bahwa aku tidak pilih kasih :).
Tanpa intervensi apapun maka, here I announce the lucky two whom will receive THR @ Rp.300.000,-

are.....








You can find the most favorite two in this marvelous writing in Here and Here.





Congrats for both of you. Thanks in decillion for the participants!!!!!

See you in next competition :p




nb : Pemenang akan segera kuhubungi melalui akun twitterku. Latest tomorrow 17-July-2014.




xoxo,
Novellina

Comments

Popular Posts